Isu :
Kajian ini membahas struktur kelembagaan coast guard di Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat serta opsi model kelembagaan bagi Indonesia. Jepang mengelola Japan Coast Guard sebagai badan sipil di bawah Kementerian Transportasi, yang bekerja sama dengan angkatan bersenjata dalam situasi tertentu. Inggris mengoperasikan His Majesty’s Coastguard sebagai lembaga sipil yang berfokus pada operasi penyelamatan, sedangkan Amerika Serikat menjadikan United States Coast Guard bagian dari militer dengan wewenang penegakan hukum. Berdasarkan perbandingan ini, Indonesia dapat memilih tiga model kelembagaan: koordinasi (model Inggris), terintegrasi penuh (model AS), atau kombinasi (model Jepang-AS), untuk membentuk coast guard yang efektif dalam penegakan hukum, keselamatan, dan keamanan maritim .
Isu :
Kajian ini membandingkan program makan bergizi gratis di Amerika Serikat, Jepang, dan Brasil, untuk merumuskan pelajaran yang relevan bagi Indonesia. Amerika Serikat menjalankan National School Lunch Program dengan dana federal yang menyediakan makan siang bergizi untuk siswa, Jepang mengintegrasikan pendidikan gizi melalui program Shokuiku dan Kyūshoku yang menekankan bahan lokal, sementara Brasil menggabungkan nutrisi sekolah dengan dukungan pertanian lokal melalui Programa Nacional de Alimentação Escolar (PNAE). Berdasarkan praktik terbaik dan pelajaran dari ketiga negara tersebut, Indonesia dapat mengadopsi elemen-elemen dari ketiga negara untuk mengembangkan program makan bergizi sekolah yang meningkatkan kesehatan siswa, mendukung ekonomi lokal, dan memperkuat ketahanan pangan nasional.
Isu :
Kajian ini membahas perbandingan sistem pengelolaan keuangan haji di Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan India untuk memberikan rekomendasi terkait hal tersebut. Di Indonesia, pengelolaan dana haji dilakukan oleh BPKH dengan investasi terbatas pada surat berharga. Sementara itu, Malaysia melalui Tabung Haji memiliki portofolio investasi yang luas, mencakup properti dan sektor syariah. Brunei, dengan Perbadanan TAIB, fokus pada layanan tabungan syariah, sedangkan India melalui Haj Committee of India (HCI) mengelola dana haji dengan investasi syariah, meskipun program subsidi haji telah dihapus sejak 2018. Indonesia dapat mengambil pelajaran dari praktik diversifikasi investasi di Malaysia, layanan syariah di Brunei, dan transparansi pengelolaan dana di India untuk meningkatkan efisiensi serta transparansi pengelolaan dana haji.
Isu :
Kajian ini membahas perbandingan tanggung jawab pelaku usaha dalam perlindungan konsumen di Indonesia, Amerika Serikat, Jepang, dan Australia. Di Indonesia, UU Perlindungan Konsumen masih mengharuskan pembuktian kesalahan pelaku usaha untuk ganti rugi, sementara Amerika Serikat menerapkan strict liability yang lebih melindungi konsumen karena tidak memerlukan pembuktian kesalahan. Jepang dan Australia mengharuskan produsen atau pemasok memberi ganti rugi bila produk cacat, dengan beberapa kewajiban pembuktian yang lebih ringan bagi konsumen. Adopsi prinsip strict liability disarankan bagi Indonesia pada produk berisiko tinggi untuk meningkatkan perlindungan konsumen, tetapi diperlukan perencanaan agar tidak berdampak negatif pada pelaku usaha lokal.
Isu :
Kajian ini membahas kebijakan resiliensi dan adaptasi perubahan iklim berbasis komunitas di Indonesia, Amerika Serikat, Jepang, dan Australia. Di Indonesia, UU Perlindungan Konsumen di berbagai negara, yaitu Indonesia, Vietnam, Fiji, Belanda, Brasil, dan Jerman. Setiap negara masih mengharuskan pembuktian kesalahan pelaku usaha untuk ganti rugi, sementara Amerika memiliki pendekatan berbeda dalam meningkatkan ketahanan komunitas terhadap perubahan Serikat menerapkan strict liability yang lebih melindungi konsumen karena tidak memerlukan iklim, dengan Vietnam mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan, Fiji merelokasi pembuktian kesalahan. Jepang dan Australia mengharuskan produsen atau pemasok memberi komunitas pesisir, Brasil melindungi Hutan Amazon, Belanda mengelola air secara canggih, dan ganti rugi bila produk cacat, dengan beberapa kewajiban pembuktian yang lebih ringan bagi Jerman mendorong energi terbarukan. Studi ini mengusulkan bahwa Indonesia dapat belajar dari konsumen. Adopsi prinsip strict liability disarankan bagi Indonesia pada produk berisiko pendekatan-pendekatan tersebut untuk memperkuat adaptasi berbasis komunitas, khususnya tinggi untuk meningkatkan perlindungan konsumen, tetapi diperlukan perencanaan agar tidak di sektor pertanian, pesisir, hutan, dan energi terbarukan, serta integrasi teknologi dalam manajemen iklim.berdampak negat
Isu :
Implementasi SMK3 memiliki dampak positif yang signifikan pada keselamatan dan kesehatan pekerja di tempat kerja, seperti yang terlihat dari pengalaman Singapura, Jepang, dan Norwegia. Dalam konteks Indonesia, ada beberapa aspek penting yang dapat diadopsi dari ketiga negara tersebut, di antaranya regulasi yang ketat, investasi dalam pendidikan dan pelatihan K3, partisipasi aktif pekerja, kolaborasi antara manajemen dan pekerja, serta penegakan hukum yang tegas terkait K3. Revisi UU Keselamatan Kerja di Indonesia sangat diperlukan untuk memperkuat pengaturan terkait K3 dalam hubungan kerja, memastikan kualitas SMK3 sesuai standar ILO, dan melibatkan semua pihak terkait secara aktif dalam implementasi SMK3.
Isu :
Praktik baik yang dapat dicontoh dari pedoman pembiayaan partai politik dan kampanye pemilu untuk mencegah korupsi dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap sistem politik antara lain di Inggris antara adalah perundang-undangan yang jelas dan tidak ambigu. Memastikan bahwa peraturan perundang-undangan yang mengatur partai politik dan aktivitas ke u a n g a n ny a b e rs i f a t l u g a s d a n tidak mengandung ketentuan yang bertentangan. Meskipun praktek pada kurun waktu tertentu, bisa ditemukan skandal keuangan melibatkan politisi, tetapi bangunan sistem politiknya yang transparan, partisipatif dan akuntabel masih relatif terjaga integritasnya.
Isu :
I n d o n e s i a m e m e r l u k a n perencanaan pembangunan jangka panjang sebagai arah dan prioritas pembangunan secara menyeluruh untuk mencapai tujuan bernegara. Perencanaan pembangunan harus d i l a n d a s k a n p a d a p a r a d i g m a transformasi secara menyeluruh yang mensyaratkan kolaborasi seluruh elemen bangsa. Dimana tahapan waktu dan prioritas, pentahapan atau periodisasi RPJP Daerah diarahkan untuk selaras dengan periodisasi RPJP Nasional, termasuk periodisasi pentahapan RPJM Daerah mengikuti RPJM Nasional. Termasuk periodisasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Nasional, RTRW Provinsi dan Kabupaten/Kota mengikuti periodisasi RPJMN dan RPJMD. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengatasi potensi masalah dan memperbaiki capaian pada implementasi RPJP Nasional pada 20 tahun sebelumnya. Sebagaimana best practices China, Korea Selatan, dan Singapura dalam mengimplementasikan perencanaan pembangunan jangka panjangnya. Berdasarkan hasil analisis diatas, maka dapat disempurnakan beberapa materi pengaturan di dalam RUU RPJPN 2025–2045, yang merupakan payung regulasi dan legitimasi pemberlakukan Dokumen RPJPN 2025–2045. Materi pengaturan dalam RUU RPJPN 2025–2045 perlu mempertimbangkan: 1. Komitmen pelaksanaan RPJP Nasional untuk menjadi acuan bagi sektor dan daerah dalam berbagai level pemerintahan harus dijamin dalam penyusunan RPJP Daerah, RPJM Nasional, RPJM Daerah, maupun Rencana Kerja Pemerintah. 2. Target capaian indikator makro dan mikro bagi sektor dan daerah, harus diberikan ruang adaptasi yang memperhatikan perbedaan kemampuan dan karakteristik kewilayahan. 3. Jaminan bagi pemberlakukan m a n a g e m e n t t a t a k e l o l a (governance) yang baik, harus diikuti dengan peran negara dalam pemberian fasilitas yang berkeadilan. 4. Pembiayaan dalam implementasi p e re n c a n a a n p e m b a n g u n a n jangka panjang harus didukung oleh komitmen pusat dan daerah dalam menghadirkan pembiayaan y a n g r a m a h f i s k a l d a n memberikan insentif bagi BUMN/ BUMD termasuk swasta nasional dalam berkontribusi, khususnya di sektor-sektor strategis terkait dengan pembangunan. 5. P e n e r a p a n s a n k s i d a n p e m b e r l a k u k a n i n s e n t i f d a n d i s i n s e n t i f h a r u s mempertimbangkan baseline co n d i t i o n d a n ka ra k te r i s t i k daerah. 6. Terbuka ruang evaluasi lima tahunan dengan melibatkan DPR RI sebagai lembaga perwakilan rakyat untuk mengantisipasi perkembangan kondisi yang belum tergambar dalam 20 tahun ke depan.